Padepokan Budi Rahardjo

KOMPAS.com - Sains

Selasa, 22 April 2008

HONEST IS NOT OUR HABIT

Pencuri selalu takut ketahuan. Barangkali ungkapan tersebut bisa menggambarkan cerita berikut ini.

Daku tak punya jam tangan. Jadi daku beli jam digital portable, kecil pula. Daku membawanya ke dalam ruangan ujian akhir nasional. Jam itu penting karena daku bisa tahu sekarang jam berapa, dan dengan fitur stopwatcnya daku tahu test sudah berlangsung berapa lama. En yang pasti "tidak melanggar tata tertib pengawas".

Tapi apa terjadi.. seusai tes para peserta ujian menangis njempling-njempling (lebih parah dari histeris), ketakutan karena mengira jam itu dalah camera digital atau sensor apa gitu yang super canggih kaya milik james bond. hehe.. padahal harganya cuma ceban.

Knapa ya mereka separanoid itu? gaptek, atau over panic? Yang pasti, kalau mereka tidak melanggar tata tertib ujian, kalaupun benar itu kamera, dan rekamannya dipublikasikan di teve lokal atau internet, justru mereka harusnya bangga khan?

Yah,.. gitulah. Kesengajaan mereka (dan rekan-rekan sehoby di nusantara) melanggar tatib karena tidak terbiasa menjunjung tata tertib, lebih terlatih permisif terhadap norma-norma kejujuran ketika ulangan harian, atau semesteran. (dugaan daku doang sih). Atau mungkin guru mereka, termasuk daku, neeh... juga seperti itu en ngajarinya ke mereka?

Yah.. hipotesis daku, mereka takut karena mereka telah berlaku tidak jujur. Kejujuran bukan kebiasaan (kami). Naudzubillah.

2 komentar:

Rita Nusa Indah mengatakan...

waduhhh, i don't know many words in english, sorry....
would please write in bahasa??
oya my new blog
http://ritasubrata.wordpress.com/
please visit and left your comment... thx... sorry ya kalo tulisannya salah2.. maklum maksa....

Rita Nusa Indah mengatakan...

ups ada yg kurang.... maksudnya would you please..... thx